Manalu, Kristina (2024) Prosedur Pengajuan Kredit dan Optimalisasi Pengawasan Sebagai Upaya Menghindari Kredit Bermasalah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Pembantu Ampera. D-III thesis, 021008 Universitas Tridinanti.
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Kristina Manalu. Prosedur Pengajuan Kredit dan optimalisasi Pengawasan Sebagai Upaya Menghindari Kredit Bermasalah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Pembantu Ampera. (Dibawah bimbingan Ibu Umi Hasanah SE,MM dan Ibu Syahyuni SE,MM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prosedur pengajuan kredit dan optimalisasi pengawasan sebagai upaya menghidari kredit bermasalah. Lembaga keuangan berfungsi sebagai intermediasi atau perantara yang menawarkan berbagai fasilitas layanan yang berazaskan trust (kepercayaan). Sebagai lembaga keuangan yang berfungsi menyimpan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman serta jasa lainnya, bank memberikan kemudahan dalam layanan pemberian kredit. Masyarakat pada umumnya masih merasa kesulitan menganggap terlalu sulit dengan syarat-syarat yang ditetapkan pihak bank dalam memberian kredit. Selain itu, karena banyak permintaan kredit masyarakat maka permasalahan kredit macet juga banyak terjadi. Permasalahan diatas dapat diselesaikan dengan adanya penelitian ini, yaitu bagaimana prosedur yang dilakukan dalam pengajuan dan pemberian kredit, apa saja penyebab kredit macet serta bagaimana penanganan kredit bermasalah. Tujuan dari penulisan Laporan Akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur pengajuan kredit serta optimalisasi pengawasan sebagai upaya menghindari kredit bermasalah. Metode pengumpulan data pada Laporan Akhir ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan adalah analisis kualitaif. Lokasi penelitian ada pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Pembantu Ampera. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosedur pengajuan kredit pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Pembantu Ampera semakin terus berkembang namun setiap bank tidak lepas dengan permasalahan kredit macet atau bermasalah. Maka dari itu, untuk meningkatkan perkembangan kinerja maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal strategi menawarkan kredit pada masyarakat, meningkatkan efektivitas dan efesiensi. Kata Kunci : Bank, prosedur Pengajuan Kredit, kredit Bermasalah, pengawasan
Item Type: | Thesis (D-III) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Keuangan dan Perbankan |
Depositing User: | Mrs Kristina Manalu |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:27 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:27 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9025 |
Actions (login required)
View Item |