IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

SARI, SENNY (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (860kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 11 Palembang. Kurikulum Merdeka menawarkan pembelajaran yang lebih beragam dengan konten yang dioptimalkan agar peserta didik memiliki waktu cukup untuk meningkatkan kompetensi mereka.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, wakil kurikulum, guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara check list, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini dengan melaksanakan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kurikulum, dan peserta didik. Sedangkan, dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan angket terbuka. Untuk mencari informasi yang berikatan dengan implementasi yang telah diterapkan di SMA Negeri 11 Palembang. Teknik keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah karakteristik pembelajaran kurikulum merdeka yaitu asesmen (awal, proses, dan akhir), pemahaman (kebutuhan peserta didik dan penyesuaian belajar peserta didik), kemajuan belajar, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Palembang cukup baik. Hasil asesmen guru telah mengikuti pelatihan, aktif dalam komunitas belajar, dan sekolah tersebut sering mengadakan pelatihan. Pemahaman, guru membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kemajuan belajar guru telah menyesuaikan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dan refleksi dilakukan untuk melihat tingkat pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ny Senny Novita Sari
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:52
Last Modified: 04 Oct 2024 04:52
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9032

Actions (login required)

View Item View Item