Pradhana, Putu Ari (2024) Thesis. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
Bab 2..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi media pembelajaran iSpring Suite 10 berbasis Android terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Telang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen dipilih dua kelompok eksperimen (Pretest-Posttest Control Group Design) dan kelompok kontrol yang pada masing-masing kelompok berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan cara tes yang dilakukan secara tertulis dengan tema menulis teks biografi B.J. Habibie. Teknik analisis data yang diterapkan merupakan teknik t-test, dengan dukungan dari program SPSS 22.0 meliputi uji normalitas, uji homogentias, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite 10 terhadap hasil menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Telang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh nilai hasil t-parsialnya, untuk kelas eksperimen baik pretest dan posttet memiliki nilai 0,000 < 0,05 dengan t-hitung lebih besar dari t�tabel yaitu 35,762 > 1,687, dan untuk nilai t-parsial untuk kelas kontrol baik pretest maupun posttest adalah 0,000 < 0,05 sedangkan untuk t-hitung lebih besar dari pada t-tabel yaitu 28,205 > 1,687. Artinya berdasarkan kriteria pengambilan keputusan nilai harus di bawah 0,05 artinya hipotesis diterima, bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Pemanfaatan teknologi dalam membuat media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik tentunya sangat mendukung dalam proses pembelajaran di kelas, serta media dapat dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan dalam proses belajar mengajar dikelas. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Biografi, iSpring Suite 10
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Tn Putu Ari Pradhana |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:56 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:56 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9162 |
Actions (login required)
View Item |