PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SD ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

Harsa, Rayla Tria (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SD ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. S-2 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (Bab 1)
BAB 1 TESIS RAYLA TH_.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2 TESIS RAYLA TH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 TESIS RAYLA TH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB 4 TESIS RAYLA TH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 TESIS RAYLA TH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan Pengaruh Kepempinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi pada SD Islam Az-Zahrah Palembang secara langsung maupun secara tidak langsung. populasi penelitian ini adalah seluruh Guru SD Islam Az-Zahrah Palembang yang berjumlah 69 Guru. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak sederhana di mana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Peneliti mengambil 45 orang guru sebagai sampel penelitian karena keterbatasan kondisi operasional sekolah serta keterlibatan sebagian guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Guru, variabel Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Guru, Kepemimpinan berpengaruh terhadap Motivasi, Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Motivasi. Variabel Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung dengan Motivasi sebagai variabel intervening, variabel Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru memiliki pengaruh secara tidak langsung dengan Motivasi sebagai variabel intervening. Nilai R2 untuk variabel laten Kinerja Guru sebesar 0,968 yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi Kinerja Guru dapat dijelaskan oleh variabel laten (Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja) sebesar 96,3% sedangkan sisanya 3,7% dijelaskan oleh variabel lain. Nilai R2 untuk variabel laten Motivasi sebagai variabel mediasi sebagai sebesar 0,960 yang artinya nilai tersebut mengidentifikasikan bahwa variasi Motivasi dapat dijelaskan oleh variabel laten eksogen sebesar 96% sedangkan sisanya sebesar 4% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian.

Item Type: Thesis (S-2)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Magister Manajemen > Manajemen SDM
Depositing User: Ny RAYLA TRIA HARSA
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:35
Last Modified: 20 Aug 2025 01:35
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item