Citrayansyah, Sania Yolandha (2020) CAMPUR KODE GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIADI SMA NURUL IMAN PALEMBANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA. S-1 thesis, 021008 - Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAB I)
Data Baru-min.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Campur kode guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Nurul Iman Palembang serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa” masalah dalam penelitian ini: 1) mengidentifikasi bentuk campur kode guru mata pelajaran bahasa Indonesia 2) mengidentifikasi jenis campur kode guru mata pelajaran bahasa indonesia di SMA Nurul Iman Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk campur kode guru mata pelajaran bahasa Indonesia 2) Mengetahui jenis wujud campur kode guru mata pelajaran bahasa Indonesiadi SMA Nurul Iman Palembang. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh data dari segi bentuk dan jenis campur kode. Dari hasil klasifikasi bentuk data campur kode guru di SMA Nurul Iman Palembang dalam proses pembelajaran yang diperoleh yaitu bentuk yang sering muncul adalah dari bentuk campur kode kata,dan kalimat. Berdasarkan hasil pembahasan campur kode kegiatan mengajar guru berjumlah 42 campur kode, campur kode berwujud kata terdapat 36 kata, campur kode berwujud kalimat terdapat 6 kalimat. Dari jenis campur kode guru di SMA Nurul Iman Palembang dalam proses pembelajaran yang diperoleh yaitu jenis campur kode ke dalam (Inner code-mixing). Dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tersebut merupakan dwibahasawan. Campur kode yang sering digunakan bahasa Palembang
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ms Sania Yolandha Citrayansyah |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 02:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 02:20 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1063 |
Actions (login required)
View Item |