CAMPUR KODE GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIADI SMA NURUL IMAN PALEMBANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA

Citrayansyah, Sania Yolandha (2020) CAMPUR KODE GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIADI SMA NURUL IMAN PALEMBANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA. S-1 thesis, 021008 - Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
Data Baru-min.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Campur kode guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Nurul Iman Palembang serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa” masalah dalam penelitian ini: 1) mengidentifikasi bentuk campur kode guru mata pelajaran bahasa Indonesia 2) mengidentifikasi jenis campur kode guru mata pelajaran bahasa indonesia di SMA Nurul Iman Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk campur kode guru mata pelajaran bahasa Indonesia 2) Mengetahui jenis wujud campur kode guru mata pelajaran bahasa Indonesiadi SMA Nurul Iman Palembang. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh data dari segi bentuk dan jenis campur kode. Dari hasil klasifikasi bentuk data campur kode guru di SMA Nurul Iman Palembang dalam proses pembelajaran yang diperoleh yaitu bentuk yang sering muncul adalah dari bentuk campur kode kata,dan kalimat. Berdasarkan hasil pembahasan campur kode kegiatan mengajar guru berjumlah 42 campur kode, campur kode berwujud kata terdapat 36 kata, campur kode berwujud kalimat terdapat 6 kalimat. Dari jenis campur kode guru di SMA Nurul Iman Palembang dalam proses pembelajaran yang diperoleh yaitu jenis campur kode ke dalam (Inner code-mixing). Dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tersebut merupakan dwibahasawan. Campur kode yang sering digunakan bahasa Palembang

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Sania Yolandha Citrayansyah
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:20
Last Modified: 21 Jul 2020 02:20
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item