HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA HIKAYAT DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN 2 PALEMBANG

ANGGRAINI, PUTRI JUWITA (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA HIKAYAT DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN 2 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan membaca hikayat dengan keterampilan menulis cerpen siswa, dan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca hikayat siswa dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X IIS 1 MAN 2 Palembang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian analisis korelasi. Sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa. Variabel yang diuji yaitu kemampuan membaca hikayat dan keterampilan menulis cerpen. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes dan uraian. Uji Validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan melakukan penyajian data melalui tabel dan diagram batang dan teknik statistik parametris melalui teknik korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan kemampuan membaca hikayat siswa berada pada kategori sangat baik, yaitu sebesar 40% dan keterampilan menulis cerpen siswa berada pada kategori cukup, yaitu sebesar 47,5%. Hasil analisis statistik menggunakan teknik korelasi product moment dan diperoleh nilai hasi lFhitung = 0,804 yang lebih besar dari hasil kisaran Ftabel40 untuk kisaran 5%=0,425 dan dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa telah adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca cerita hikayat dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 2 Palembang. Kata kunci: kemampuan membaca hikayat, menulis cerpen

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Putri Juwita Anggraini
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:06
Last Modified: 21 Oct 2020 08:06
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item