Muhamad, Apriyansyah (2021) Analisis Daya Dukung Tanah Dasar Pada Kerusakan Perkerasan Jalan Jepang Sematang Borang Palembang. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Text (BAb 1)
Bab 1-.pdf - Published Version Download (591kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II Skripsi -.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III Skripsi -.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAb 4)
BAB IV skripsi -.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11kB) | Request a copy |
Abstract
Jalan merupakan prasarana utama untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendistribusian barang atau jasa. Seiring dengan banyaknya peningkatan jumlah pemilik kendaraan menyebabkan arus lalu lintas meningkat setiap tahun nya yang berdampak pada kerusakan jalan. Jalan Jepang Sematang Borang Palembang sudah mengalami kerusakan, yang mengakibatkan jalan berpengaruh terhadap kelancaran berlalu lintas serta kenyamanan dari pengguna jalan. Karena daerah jalan Sematang Borang Palembang merupakan daerah rawa mungkin berpengaruh kepada kualitas daya dukung tanah. Untuk itu dilakukan analisis daya dukung tanah pada jalan Jepang Sematang Borang Palembang yang terdiri dari perhitungan kerusakan jalan menggunakan metode PCI dan perhitungan CBR laboratorium. Adapun data yang diperlukan dalam penelitian adalah data sekunder yang didapat dari studi pustaka serta berbagai instansi terkait dan data primer yang didapat dari lokasi jalan tersebut. Dari hasil perhitungan metode PCI didapatkan hasil 70% diklasifikasikan jalan Jepang Sematang Borang Palembang termasuk baik. Sedangkan dari hasil perhitungan CBR laboratorium didapatkan hasil 2,16% yang dikategorikan sebagai jenis tanah lempung dengan kualitas tanah yang sangat buruk. Dari grafik korelasi antara daya dukung tanah dan CBR didapatkan nilai daya dukung tanah sebesar 3,16%, maka peneliti menyarankan untuk mengukur nilai daya dukung tanah dasar jalan langsung ditempat menggunakan pengujian test DCP (Dinamic Cone Penetrometer) agar menghasilkan nilai CBR lapangan pada tanah dasar jalan dan untuk menunjang kualitas perkerasan sebaiknya untuk sisi jalan yang memiliki drainase dengan dimensi lebih besar disarankan menggunakan dinding penahan tanah agar kualitas perkerasan tetap baik.
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | M. Apriyan Aprik M. Ismail |
Date Deposited: | 17 May 2021 03:55 |
Last Modified: | 17 May 2021 03:55 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |