ANALISA KEGAGALAN PADA PISTON SEPEDA MOTOR DIGUNAKAN UNTUK DRAG RACE

Ridho Wahyudi, Yoga (2021) ANALISA KEGAGALAN PADA PISTON SEPEDA MOTOR DIGUNAKAN UNTUK DRAG RACE. S-1 thesis, 021008 - Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Reporsitory Yoga_.pdf - Published Version

Download (727kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II Yoga_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III Yoga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV Yoga.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
BAB V Yoga_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Analisa Kegagalan Pada Piston Sepeda Motor Digunakan Untuk Drag Race. Untuk menghasilkan sepeda motor dengan performa yang tinggi, hal terpenting yang harus dilakukan ialah melakukan modifikasi pada bagian engine. Modifikasi tersebut dilakukan untuk memperoleh efisiensi volumetris dan thermal semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin. Pada penelitian ini, penulis menganalisa sepeda motor 4 langkah yakni Honda Supra X 125 tahun 2008 yang telah melakukan modifikasi dengan cara memperbesar kapasitas mesin yang awalnya 125cc dengan piston berukuran 52,4mm kemudian dilakukan penggantian cylinder liner dengan ukuran yang lebih besar dari setandar pabriknya (bore up) ke 152 cc dengan piston berukuran 58mm dan kemudian mengalami trouble engine pada bagian piston. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisa faktor penyebab kegagalan pada piston, untuk mengetahui karakteristik sifat mekanik piston yang digunakan, dan untuk melakukan perbandingan pengujian antara piston lama dengan piston yang baru. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian yang meliputi Studi Lapangan, Studi Literatur, dan Pengujian. Analisa data yang penulis gunakan ialah analisa data pribadi dan ditunjang oleh teori pengujian mekanis. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa faktor penyebab kegagalan piston pada sepeda motor yang digunakan untuk drag race ini merupakan kesalahan dalam modifikasi Cylinder liner (bore up) dan kurangnya ketelitian dalam melakukan pengukuran sehingga piston tidak bergerak pada sumbu yang seharusnya dan terjadi perbedaan kekerasan antara piston lama dengan piston yang baru. Kemudian adanya kemungkinan terjadi Overheating dan ketidak presisiannya permukaan Cylinder liner yang menimbulkan sebuah patahan yang dikategorikan sebagai patah fatigue brittle. fatigue brittle ini terjadi pada waktu yang cepat sehingga dapat dikatakan sebagai sudden failure (kegagalan mendadak). Kata kunci : Analisa, Piston, Mesin,

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Tn Yoga Ridho Wahyudi
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:49
Last Modified: 08 Nov 2021 02:49
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item