Pengaruh Kompetensi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Sebagai Variabel Intervening

SAMONA, DWI WIRAWAN (2022) Pengaruh Kompetensi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Sebagai Variabel Intervening. S-2 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] pdf (BAB 1)
BAB 1 TESIS DAN DAFTAR PUSTAKA OK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 TESIS DWI WIRAWAN SAMONA SCAN 27092022[017-061].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 TESIS DWI WIRAWAN SAMONA SCAN 27092022[062-084].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 TESIS DWI WIRAWAN SAMONA SCAN 27092022[085-125].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 TESIS DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dwi Wirawan Samona, Pengaruh Kompetensi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Sebagai Variabel Intervening, dibawah bimbingan Ibu Dr. Msy. Mikial, SE., M.Si., Ak., CA.,CSRS dan Bapak Dr. Djatmiko Noviantoro, SE, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui dan membuktikan pengaruh kompetensi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur dengan kepuasan kerja pegawai sebagai variabel intervening. Populasi adalah pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur yang berjumlah 110 (seratus sepuluh) pegawai. Teknik sampling menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang dipilih berjumlah 98 (sembilan puluh delapan) pegawai. Analisis data menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Kompetensi (X1) berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai (Y), terlihat dari original sample yang positif (0.578), nilai T-Statistik sebesar (7.776 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,000 ≤ 0,05). Kepemimpinan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai (Y), terlihat dari original sample yang positif (0.410), nilai T-Statistik sebesar (5.433 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,000 ≤ 0,05). Kompetensi (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z), terlihat dari original sample yang positif (0.430), nilai T-Statistik sebesar (4.225 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,000 ≤ 0,05). Kepemimpinan (X2) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z), terlihat dari original sample yang positif (0.375), nilai T-Statistik sebesar (3.789 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,000 ≤ 0,05). Kepuasan kerja pegawai (Y) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z), terlihat dari original sample yang positif (0.190), nilai T-Statistik sebesar (3.278 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,001 ≤ 0,05). Kompetensi (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z) dengan kepuasan kerja pegawai (Y) sebagai variabel intervening, terlihat dari original sample yang positif (0.110), nilai T-Statistik sebesar (2.824 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,005 ≤ 0,05). Kepemimpinan (X2) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Z) dengan kepuasan kerja pegawai (Y) sebagai variabel intervening, terlihat dari original sample yang positif (0.078), nilai T-Statistik sebesar (3.005 ≥ 1,96), dan hasil nilai P-Value adalah (0,003 ≤ 0,05). Nilai R2 untuk variabel laten kepuasan kerja pegawai sebagai variabel intervening sebesar 0,950, yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi kepuasan kerja pegawai dapat dijelaskan oleh variabel laten eksogen (kompetensi dan kepemimpinan) sebesar 95%, sedangkan sisanya sebesar 5% dijelaskan oleh variabel lain. Nilai R2 untuk variabel laten kinerja pegawai sebesar 0,962 yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh variabel eksogen sebesar 96,2% sedangkan sisanya sebesar 3,8% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Dari model yang dibangun dan hasil uji hipotesis yang dilakukan, maka dapat disarankan bagi Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur, untuk lebih meningkatkan lagi kinerja pegawai yang sudah ada, terutama indikator yang masih rendah yaitu pegawai meminta ijin kepada pimpinan apabila akan meninggalkan kantor pada jam kerja dan pegawai mampu menyelesaikan jumlah pekerjaan yang diberikan atasan. Bagi Pimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Timur, agar dapat lebih meningkatkan kompetensi, kepemimpinan, kepuasan kerja pegawai dan kinerja pegawai yang sudah terlaksana saat ini. Adapun hal-hal yang perlu diperbaiki yaitu : Kompetensi terutama pengetahuan tentang pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan pegawai dan pegawai menguasai pekerjaan dengan baik, Kepemimpinan terutama pimpinan memiliki kemampuan dalam pemakaian sumber daya dan pimpinan memiliki kemampuan memberikan sumbangan terhadap keberhasilan pencapaian tujuan organisasi, serta Kepuasan kerja pegawai terutama atasan merupakan figur yang menjadi teladan didalam organisasi dan besaran gaji atau upah yang diterima pegawai layak sesuai beban kerja. Kata kunci : Kompetensi, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Pegawai, Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (S-2)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Magister Manajemen > Manajemen SDM
Depositing User: Dwi Wirawan Samona
Date Deposited: 02 Oct 2022 00:54
Last Modified: 02 Oct 2022 00:54
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item