Simulasi Kinerja Ruas Jalan Jenderal Sudirman Dengan Menggunakan Software PTV VISSIM

Fitrayansyah, Ervan (2024) Simulasi Kinerja Ruas Jalan Jenderal Sudirman Dengan Menggunakan Software PTV VISSIM. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (791kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_compressed-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Jalan Jenderal Sudirman merupakan salah satu ruas jalan di Kota Palembang yang tingkat pergerakan ekonominya cukup tinggi, terlihat dari banyaknya pusat – pusat kegiatan diamana jalan tesebut merupakan jalan utama yang menopang semua pergerakan yang ada dijalan tersebut. Diperparah lagi dengan aktivitas hambatan samping yang tinggi menimbulkan banyak permasalahan transportasi yang selalu terjadi tundaan, kemacetan, kecelakaan dan ketidaknyamanan dalam berkendara diruas jalan tersebut. Pada penelitian ini penulis mengangkat topik tentang simulasi kinerja ruas jalan Jenderal Sudirman segmentasi RS. Bhayangkara – Polisi Militer Kota Palembang dengan berpedopan PKJI 2023 dan disimulasikan dengan Software PTV VISSIM VS. 10-2021. Hasil perhitungan didapatkan kondisi waktu puncak dihari senin pukul 06.00-07.00 WIB dengan kapasitas (C) = 4.558,66 kend/jam, arus lalu lintas (Q) = 4.143 kend/jam, derajat kejenuhan (DJ) = 0,91, kecepatan arus 9,6 km/jam sehingga termasuk kategori tingkat pelayanan (LOS) E dengan karakteristik arus mendekati tidak stabil dengan volume lalu lintas tinggi mendekati kapasitas jalan dan kecepatan sekurang – kurangnya 30 km/jam pada jalan antar kota dan 10 km/jam pada jalan perkotaan. Hasil simulasi software PTV. VISSIM VS. 10-2021 yaitu menggambarkan kondisi real diruas tersebut dengan bagaimana kinerja ruas jalan yang mana didapat nilai kecepatan 9,75 km/jam di hari Senin waktu pagi hari pukul 06.00-07.00 WIB pada Jalur 1 dan kecepatan 13,56 km/jam di hari Senin waktu pagi hari pukul 06.00-07.00 WIB pada jalur 2.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Ervan Fitrayansyah
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:27
Last Modified: 23 Apr 2024 06:27
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item