HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 46 PALEMBANG

Anggraini, Tiara (2025) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 46 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
bab satu tiara_compressed.pdf

Download (731kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2 tiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3 tiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4 tiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
bab 5 tiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Motivasi belajar yang dimiliki siswa mempunyai pengaruh besar terhadap suksesnya kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain ditentukan oleh dorongan internal siswa, motivasi belajar juga memiliki pengaruuh dari faktor luar seperti gaya mengajar guru saat menjelaskan materi pelajaran. Pola pembelajaran yang kaku dan kurang interaktif dapat menyebabkan siswa merasa bosan, kehilangan fokus, dan menurunnya motivasi belajar. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk melihat hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 46 Palembang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel terdiri dari 35 siswa kelas VIII.5 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Angket tertutup digunakan sebagai alat ukur dalam mengidentifikasi gaya mengajar guru serta motivasi belajar siswa. Keabsahan dan konsistensi instrumen telah diperiksa dengan hasil reliabilitas tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata skor gaya mengajar guru sebesar 50,94, yang termasuk kategori sangat rendah, sementara rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 59,71, tergolong rendah. Sebagian besar siswa (91,42%) menilai gaya mengajar guru pada kategori sangat rendah, dan 60% siswa memiliki motivasi belajar rendah. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara gaya mengajar dan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,657 dan signifikansi 0,000. Artinya, semakin baik gaya mengajar guru, semakin tinggi motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Abstract students themselves, motivation is also influenced by the way teachers teach. Rigid and non-interactive teaching styles can make students bored, unfocused, and less enthusiastic about learning. This study aims to determine the relationship between teacher teaching styles and student learning motivation in grade VIII in Indonesian language lessons at SMP Negeri 46 Palembang. The study used a quantitative approach with a correlation method. The sample consisted of 35 students in grade VIII.5 who were selected purposively. Data were collected through a closed questionnaire that had been tested for validity and reliability. The results showed an average teacher teaching style of 50.94 (very low category) and student learning motivation of 59.71 (low category). As many as 91.42% of students considered the teacher's teaching style to be very low, and 60% of students had low learning motivation. The results of the Pearson correlation analysis showed a positive and significant relationship between teaching style and learning motivation with a correlation value of 0.657 and a significance of 0.000. This means that the better the teacher's teaching style, the higher the student's learning motivation. Keywords: Teaching Style, Motivation To Learn, Indonesiaa Language Learning

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ny TIARA ANGGRAINI
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:25
Last Modified: 13 Aug 2025 05:48
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

View Item View Item