HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

Mujayanah, Horidatul (2025) HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
Bab 1 horidatul.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2 horidatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab 3 horidatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 horidatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab 5 horidatul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan berpikir kritis dan penggunaan bahasa yang tepat dalam menulis argumen dalam teks. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel berjumlah 26 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan menulis teks argumentasi, serta tes objektif untuk mengukur penguasaan diksi. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara berpikir kritis dan kemampuan menulis teks argumentasi sebesar 0,425, lebih besar dari nilai r tabel (0,388) pada taraf signifikansi 5%. Artinya, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel. Namun, hasil uji t parsial menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,40 (> 0,05), sehingga secara statistik hubungan tersebut tidak signifikan. Penguasaan diksi juga menunjukkan tidak adanya hubungan signifikan, dengan nilai t hitung 0,113 < r tabel 0,388. Uji regresi ganda menunjukkan nilai R Square sebesar 0,182, yang berarti kedua variabel bebas hanya memberikan kontribusi sebesar 18,2% terhadap kemampuan menulis teks argumentasi. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,251 (> 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan diksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks argumentasi. Kata kunci: Berpikir Kritis, Penguasaan Diksi, dan Menulis Teks Argumentasi ABSTRACT This study aims to determine the relationship between critical thinking skills and diction mastery on the ability to write argumentative texts among 11th-grade students at SMA Islam Az-Zahrah Palembang. The background of this research lies in the importance of critical thinking and appropriate language use in constructing coherent and convincing arguments. This research employs a quantitative approach with a correlational design. The sample consisted of 26 students selected using purposive sampling techniques. The research instruments included written tests to measure critical thinking skills and argumentative writing ability, as well as an objective test to assess diction mastery. The results of the correlation test showed that the correlation coefficient between critical thinking and argumentative writing ability was 0.425, which is greater than the r table value (0.388) at a 5% significance level. This indicates a significant positive relationship between the two variables. However, the partial t-test revealed a significance value of 0.40 (> 0.05), indicating that the relationship is not statistically significant. Diction mastery also showed no significant relationship, with a t-value of 0.113, which is less than the r table (0.388). The multiple regression test showed an R Square value of 0.182, meaning that both independent variables contributed only 18,2% to students' argumentative writing ability. The remaining 89.1% was influenced by other factors not examined in this study. The F-test result showed a significance value of 0.251 (> 0.05), indicating that critical thinking and diction mastery simultaneously do not have a significant effect on the ability to write argumentative texts. Keywords: Critical Thinking, Mastery Of Diction, and Writing Argumentative Texts

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ny HORIDATUL MUJAYANAH
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:17
Last Modified: 12 Aug 2025 04:17
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item