PENGARUH KEDISIPLINAN, MOTIVASI BELAJAR DAN DORONGAN BELAJAR TERHADAP KETERLAMBATAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Ekonomi Universitas Tridinanti)

Lestari, Seli Anugrah (2025) PENGARUH KEDISIPLINAN, MOTIVASI BELAJAR DAN DORONGAN BELAJAR TERHADAP KETERLAMBATAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Ekonomi Universitas Tridinanti). S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK SELI ANUGRAH LESTARI “Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Belajar dan Dorongan Belajar terhadap Keterlambatan Mahasiswa Dalam Perkuliahan (Studi Kasus Mahasiswa Manjemen Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang) (Dibawah Bimbingan Ibu Dr.M. Ima Andriyani, S.E,M.Si dan Ibu Liliana, SE.,M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruruh Kedisiplinan, Motivasi Belajar dan Dorongan Belajar terhadap Keterlambatan Mahasiswa dalam Perkuliahan (studi kasus Mahasiswa Manajemen dan Bisnis Universitas Tridinanti Palembang). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda yang diolah dengan menggunakan bantuan program computer Statistical Product and Servis Solution (SPSS) Versi 26 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Belajar dan Dorongan Belajar terhadap Keterlambatan Mahasiswa dalam Perkuliahan, Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan tabel output SPSS, Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pihak perguruan tinggi, khususnya dosen dan bagian kemahasiswaan, untuk meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif, pemberian umpan balik yang konstruktif, serta penerapan aturan kehadiran yang konsisten. Selain itu, dukungan akademik dan lingkungan belajar yang kondusif juga berperan dalam mendorong semangat belajar mahasiswa, sehingga dapat mengurangi tingkat keterlambatan. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar pertimbangan dalam penyusunan kebijakan dan program pembinaan mahasiswa untuk meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar di lingkungan kampus. Kata Kunci : Kedisiplinan, motivasi Belajar dan Dorongan Belajar

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Ny SELI ANUGRAH LESTARI
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:18
Last Modified: 04 Sep 2025 06:18
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item