Margareta, Walvi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG.
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (821kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB_V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (968kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang tahun 2020/2021 sebanyak 290 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan model pembelajaran Think Talk Write, dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan model konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes menulis teks negosiasi dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS 25,0. Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini, yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW), sedangkan variabel terikat (dependent variable) yaitu menulis teks negosiasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks negosiasi , yaitu pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 55,98 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65- 20. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 65,25 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 72,55. Kemudian, pair sampel t-test untuk kelas kontrol = nilai hitung 9.707 dan pair sampel kelas eksperimen = nilai hitung 13.558 yang keduanya > nilai hitung tabel 1,685 untuk derajat kebebasan 39. Hipotesis penelitian yaitu signifikan t-test 0,00<0,05 dan derajat kebebasan untuk t-tabel 78 adalah 1,66 dan hasil dari nilai hitung adalah 4.132 yang lebih besar dari nilai t-tabel 78 yaitu 1,66, maka H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih berpengaruh dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Kata kunci: menulis negosiasi, think talk write (TTW
Item Type: | Thesis (S-1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Margareta Walvi |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:20 |
URI: | http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/3632 |
Actions (login required)
View Item |