PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS CERPEN MENJADI TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Ulandari, Alpa (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS CERPEN MENJADI TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

[img] Text (BAB I)
BAB 1 E-dikonversi.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V E FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy

Abstract

ALPA ULANDARI, "PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PODCAST TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS CERPEN MENJADI TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG", DIBAWAH BIMBINGAN IBU DR. NURULANNINGSIH, M.PD. DAN BAPAK EDI SURYADI, M.PD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media podcast terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 500 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Kelas MIA 5 yang berjumlah 40 siswa menggunakan media konvensional, dan kelas MIA 4 yang berjumlah 40 siswa menggunakan media Podcast. Hasil pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 61,50 dan pada kelas eksperimen adalah 64,75. Pada saat pelaksanaan posttest, nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 67,05 dan pada kelas eksperimen sebesar 75,38. Pada perhitungan Uji Paired-Sample, menunjukan mean pretest dan posttes kelas eksperimen adalah 10,625. Berdasarkan uji t-p-value < Sig. (2 tailed), diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 3,645 dan jika dibandingkan dengan tabel kisaran 78 dengan taraf signifikasi 0,5 yaitu sebesar 1,665, jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media podcast berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Kata kunci: menulis, teks drama, podcast.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Alpa Ulandari
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:38
Last Modified: 20 Apr 2022 05:38
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item