Lia, Nova (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMA NEGERI 11 PALEMBANG. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.
Text (BAB 1)
Bab 1 siap uplod_compressed.pdf - Published Version Download (455kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2 NOVALIA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3 Novalia_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4 Novalia_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 Novalia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai dan keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa secara terpisah maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 kelas dengan 433 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 238 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yaitu angket penggunaan gawai dan keterlibatan orang tua selain itu menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan nilai rapor mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, tidak memiliki pengaruh yang signifikan penggunaan gawai secara parsial terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Thitung<Ttabel (0,788<1,970), maka hipotesisnya H0 diterima dan Ha ditolak. Kedua, tidak memiliki pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua secara parsial terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Thitung<Ttabel (1.022<1,970), maka hipotesisnya yaitu H0 diterima dan Ha ditolak. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gawai dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Palembang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji ANOVA yang menunjukkan besaran signifikansi 0,000<0,05 maka hipotesisnya yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: gawai, orang tua, prestasi
Actions (login required)
View Item |