ANALISIS EFISIENSI DAN SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA (Coffea Robusta) DI DESA GENTING KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMU KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN

SAPUTRA, HERLANDO KARLIAN (2024) ANALISIS EFISIENSI DAN SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA (Coffea Robusta) DI DESA GENTING KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMU KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text (BAB I)
BAB I..pdf - Published Version

Download (544kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Herlando Karlian Saputra (1903320503) dengan judul skripsi Analisis Efisiensi Dan Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta (Coffea Robusta) Di Desa Genting Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Dosen Pembimbing Ir. Ursula Damayanti, M.P. dan Ir. Ekanopi Aktiva, M.M. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis efisiensi dan saluran pemasaran biji kopi robusta di Desa Genting. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner kepada responden. Terdapat 2 saluran pemasaran di Desa Genting, pada saluran pemasaran I lembaga pemasaran yang terlibat yaitu petani dan pedagang besar. Pada saluran pemasaran II lembaga pemasaran yang terlibat yaitu petani, pedagang kecil dan pedagang besar. Saluran pemasaran I lebih efisien dari saluran pemasaran II karena memiliki nilai margin yang rendah. Dengan nilai margin yang rendah maka bagian yang diterima petani tinggi. Terlihat pada saluran I dengan margin pemasaran sebesar Rp. 1.000.00 dan Farmer’s Share sebesar 97,45%. Pada saluran II dengan margin pemasaran sebesar Rp. 2.000.00 dan Farmer’s Share sebesar 94,96%. Dari hasil penelitian didapat saluran pemasaran I lebih pendek dari pada saluran pemasaran II, serta Farmer’s Share yang di dapat lebih besar saluran I dari pada saluran II. Kata Kunci : Kopi Robusta, Pemasaran, Efisiensi.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Tn Herlando Karlian Saputra
Date Deposited: 15 May 2024 04:22
Last Modified: 15 May 2024 04:22
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item