Hubungan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Tri Dharma Palembang

Sari, Rismala Puspita (2024) Hubungan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Tri Dharma Palembang. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti.

[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (680kB)
[img] Text (BABII)
BAB II Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan kesulitan belajar siswa dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPA 2 SMA Tri Dharma Palembang. Metodelogi penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui hubungan dua variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 siswa. Sampel penelitian ini diambil dari 1 kelas dengan 29 responden pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Tri Dharma Palembang. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan angket. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data kesulitan belajar, dan tes membuat teks eksplanasi untuk memperoleh data kemampuan menulis teks eksplanasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan menggunakan skala likert dan lembar tes berupa menulis teks eksplanasi. Pengolahan data dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antar kedua variabel berdasarkan nilai signifikan Sig. (2-tailed) dari hasil di atas diketahui sig. (2-tailed) antara kesulitan belajar siswa (X) dengan kemampuan menulis teks eksplanasi (Y) adalah sebesar 0,04<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikansi antara kesulitan belajar siswa dengan kemampuan menulis teks eksplanasi. Diketahui nilai R hitung sebesar -0,523. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kesulitan belajar dengan kemampuan menulis teks eksplanasi. kesulitan belajar siswa dengan kemampuan menulis teks eksplanasi. Kata Kunci: kesulitan belajar, menulis, teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (S-1)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas FKIP > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ms Rismala Tri Puspita Sari
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:36
Last Modified: 04 Oct 2024 02:36
URI: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/id/eprint/9036

Actions (login required)

View Item View Item